Sabtu, 12 November 2011

Paranoid kah Anda?

Deskripsi
Paranoid adalah kondisi yang ditandai oleh ketidakpercayaan dan kecurigaan yang berlebihan dari orang lain. Gangguan ini hanya didiagnosis ketika perilaku ini sangat kuat. Seseorang yang mengalami gangguan ini umumnya sulit diajak bergaul dan sering mengalami masalah dengan pertemanan karena kecurigaan yang berlebihan.
Sifat agresif dan curiga yang dialami penderita seringkali menimbulkan reaksi pada orang lai. Seseorang dengan gangguan ini membutuhan pengendalian atas orang-orang di sekitar mereka. Mereka sering kaku, kritis terhadap orang lain, dan tidak mampu bekerja sama, mdan kesulitan menerima kritik.
Gejala
Penderita terkadang tidak realistis fantasi berlebihan, sering terbiasa dengan isu-isu kekuasaan dan pangkat, dan cenderung menstereotipkan negatif orang lain, terutama yang dari kelompok populasi berbeda dari mereka sendiri. Bagi orang lain, sikap si penderita dianggap fanatik.
Gejala umum antara lain:
# Meyakini bahwa orang lain memiliki motivasi tersembunyi
# Kesulitan untuk bekerjasama dengan orang lain
# Citra diri yang kurang
# Terisolasi atau mengisolasikan diri dari kehidupan sosial
# Mengembangkan sikap permusuhan
Perawatan
Pengobatan paranoia sangat sulit. Metode utama pengobatan antara lain:
# Metode psikoanalitik - Dibandingkan dengan penyakit mental lainnya, pada gangguan ini metode tersebut kemungkinan sulit diterapkan karena pasien tidak mau bekerja sama dengan dokter.
# Suntikan Insulin--beberapa pasien juga merespon pengobatan ini, tetapi tidak semua pasien bisa menerima pengobatan ini karena perasaan curiga yang dimilikinya.

Sumber: mentalhealth, medlineplus, detikhealth dan depression guide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar