Rabu, 21 Desember 2011

Benarkah, Telur=Kolestrol??

Seringkali banyak orang salah mengartikan akan dampak dari telur. Dari semua argument orang pasti akan ada pro dan kontranya, dan tak dapat dipungkiri juga mungkin dari semua argumen mereka itu benar. Entah itu baik atau buruk tak salahnya kita jadikan itu semua sebagai referensi untuk dapat lebih mengatur pola hidup sehat kita masing-masing. Karna pastilah segala yang di ciptakan Allah SWT memiliki manfaat tersendiri, tapi itu semua juga tergantung apakah anda benar benar dapat memanfaatkanya dengan benar. 
Kuning telur atau dalam bahasa inggris disebut dengan egg yolk merupakan bagian daripada telur dimana embrio berkembang. Kuning telur dikelilingi oleh putih telur (albumen atau ovalbumin). Sebagai makanan, kuning telur merupakan sumber utama beberapa vitamin dan mineral. Kuning telur juga banyak mengandung lemak, kolesterol dan protein.
Saat ini lama tlah tersebar mitos di masyarakat bahwa jika kita makan telur ayam, kita sama saja dengan makan kolesterol dalam jumlah banyak. Akibatnya, kandungan kolesterol di dalam darah bakal meningkat dan bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.
Mitos ini dipatahkan oleh Dokter Riani S. Budiharsana, N.M.D. "Mitos itu salah karena sesungguhnya telur ayam tidak mengandung kolesterol, melainkan mengandung protein dan lecithin yang tinggi, asalkan cara makannya dilakukan dengan benar," katanya dalam sebuah kesempatan, baru-baru ini.
Menurut ahli naturopati ini, makan telur yang baik adalah dengan cara direbus setengah matang atau dimakan mentah. "Kuning telur mengandung satu zat yang disebut lecithin sejenis vitamin suplemen yang kalau dimakan justru bisa menurunkan kolesterol. Kuning telur full lecithin, tetapi yang perlu diperhatikan adalah cara masaknya," katanya.
Telur kalau dimakan mentah, atau dimasak setengah matang, atau direbus, tidak akan menimbulkan kolesterol. "Jangan dimasak dengan panas yang tinggi, semisal digoreng, karena lecithinnya hilang dan berubah menjadi kolesterol," kata Riani, ibu dua anak asal Bandung yang kini tinggal di Jakarta. la adalah dokter ahli naturopati, sebuah ilmu kedokteran yang melakukan pengobatan secara natural, menghindari obat-obatan kimiawi. Ilmu ini baru berkembang beberapa tahun terakhir di Indonesia.
Jadi, menurut Riani, tidak benar kalau seseorang dilarang makan telur, tetapi ia tetap makan makanan lain seperti roti, donat, dan makanan olahan lainnya karena kandungan kolesterolnya di dalam darah tidak akan turun. la menganjurkan agar makan telur 2 butir sehari dengan cara masak yang betul karena baik untuk kesehatan, termasuk bisa menunda pikun sampai 6 tahun.
Saat ini, menurut Riani, ada telur ayam yang bebas residu antibiotik (BRA) yang berwarna hijau (bukan kemerah-merahan seperti telur ayam pada umumnya). "Karena telur ini sudah dinyatakan bebas residu antibiotik, berarti aman untuk dikonsumsi manusia. Tubuh kita akan bebas antibiotik," kata Riani. Telur BRA ini berhasil dikembangkan oleh seorang peternak otodidak di Bogor, Okky Haryanto, dan sudah diuji oleh Laboratorium Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Indonesia dan oleh Balai Pengujian Mutu Produk Ternak (BPMPT).
Riani S. Budiharsana menjelaskan, di peternakan milik Okky itu, jika ada ayam yang sakit, ayam itu tidak diobati dengan cara disuntik antibiotik (membunuh kehidupan), melainkan dikarantina dan diberi probiotik (memberi kehidupan). Kalau ayam sakit diberi antibiotik berarti ada virus yang mati, sedangkan jika diberi probiotik maka imun system si ayam sendiri yang berkelahi dengan virus yang menyebabkan dia sakit. Kalau ayam sudah sehat, disatukan lagi dengan teman-temannya dan bisa bertelur kembali sehingga telurnya itu sehat, tidak ada antibiotiknya.
Dengan sistem pengobatan itu, virus yang sakit tidak dibunuh, tetapi diberikan probiotik, suatu zat alami atau bakteri yang menguntungkan seperti bibit yoghurt. Kalau dia menang, ayamnya akan sembuh kembali, sedangkan virusnya mati secara alami karena kalah.
"Jadi, kalau ayam yang sakit disuntik dengan antibiotik sama saja dengan manusia yang makan antibiotik yang ada residunya. Pasti buang air besar pun ada antibiotiknya. Kalau pada ayam, akan ada telur yang ada residunya. Residu inilah yang berbahaya bagi kesehatan," tutur Riani. Pakan ayam itu juga bebas antibiotik dan residu karena sebelum diberikan kepada ayam, dipanaskan terlebih dahulu sampai dengan 150 derajat celcius.
Riani mengatakan, telur mentah dicampur dengan madu bagus untuk kesehatan, asalkan telur ayam kampung, apalagi kalau telur itu bebas residu antibiotik. Telur juga baik untuk bayi, asalkan tidak diberikan kepada bayi yang baru lahir, melainkan untuk yang berusia sebulan lebih. Telur kuningnya dicampur dengan susu karena di telur ada ekstiplifit yang berguna untuk pertumbuhan sel otak. Selain itu bisa menunda pikun selama 5 sampai 6 tahun. "Bayi tidak berbahaya makan telur dan jangan percaya kalau makan telur bisa mengakibatkan bisulan. Bisul mungkin disebabkan oleh makanan lain," katanya, karena ia juga memberikan telur pada anaknya sejak masih bayi.
Orang yang berpenyakit jantung sebenarnya boleh mengonsumsi telur. Ada penelitian di Purdue University, AS, yang dilakukan oleh Dr. A.J. Ismail bahwa 156 laki-laki yang makan telur tiap hari terbukti tidak mengalami peningkatan kolesterol dalam darah, apalagi kalau orang itu aktif olah raga.
Di samping itu, menurut Riani, seorang lelaki Mesir bernama Ibrahim El Korimy yang secara ekstrim makan telur 10 butir setiap hari, bisa berusia panjang sampai 160 tahun. Lelaki ini, selain gemar makan telurjuga dua kali seminggu berjalan kaki 6 mil setiap hari dari rumahnya di desa untuk beli makanan di kota. la jarang sakit.
Itu semua dikarenakan dalam telur ayam kampung per 100 gramnya memiliki kandungan 174 kalori, 10,8 gram protein, 4,9 mg zat besi dan 61,5 g retinol atau vitamin A. Mungkin karena alasan tersebut telur ayam kampung lebih diminati.dibandingkan dengan telur ayam negeri.
Telur ayam kampung yang asli mempunyai kelebihan dibandingkan telur ayam yang lain.
Selain sumber kalori dan protein hewani yang cukup baik (mudah diserap usus dalam jumlah yang banyak) dapat dipakai sebagai campuran minuman jamu yang diyakini dapat memberikan kesegaran pada tubuh, hingga tak jarang kaum Adam menggunakan telur ayam kampung sebagai peningkat stamina tubuh bahkan vitalitas mereka. *yaah semoga temen temen gak pada ngeres kalo' saya ngomong begitu, kan saya cuma' ngasih tau' -__-"
Fungsi Telur Ayam Kampung Untuk Kesehatan diantaranya :
* Dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner, kencing manis, maag atau usus besar.
* Selain mengandung sumber energi juga mengandung sumber protein yang cukup.
Energi yang dipakai untuk mengganti energi yang digunakan aktifitas dan berfikir sedangkan proteinnya diperlukan untuk mengganti bagian organ yang rusak.
* Mempunyai kandungan kolesterol (pada kuning telur) cukup tinggi.
Bagi yang mempunyai hipertensi atau hiperkolesterolemia (kandungan kolesterol dalam darah yang tinggi) harus hati - hati mengatur konsumsinya.
* Membantu mengatasi kelelahan dan kecapaian tubuh, namun tidak dapat mengatasi seluruhnya karena badan masih membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan organ tubuh.
Perbedaan Manfaat dan Kandungan Putih dan Kuning telur adalah sebagai berikut :
1. Putih telur
a. Kandungan putih telur yang bermanfaat, di antaranya zat peptide. Karena zat ini dapat mencegak penyebaran bakteri dalam tubuh.
b. Putih telur sepertinya juga merupakan satu-satunya sumber protein hewani yang tidak mengandung lemak sama sekali.
c. Kandungan kalori yang terdapat pada putih telur cukup rendah, berbanding terbalik dengan kandungan proteinnya.
d. Putih telur tidak memiliki lemak, kolestrol, bahkan karbohidrat
Kolestrol yang terdapat pada telur ternyata paling banyak berada pada kuning telur.
e. Putih telur mengandung 40 jenis protein dan nutrisi penting lainnya seperti potasium, kalsium, fosfor dan zink.
f. Protein alami yang terdapat pada putih telur ini juga baik dalam menghasilkan asam amino untuk pembentukan otot.
g. Putih telur menghasilkan protein yang langsung bisa diserap oleh tubuh
2. Kuning telur
a. Mengandung vitamin A, dimana warna pada kuning telur ditentukan oleh banyakknya pigmen karotenoid yang berhubungan dengan vitamin A. Satu kuning telur ayam mengandung vitamin A setara dengan hampir setengah vitamin A wortel ukuran sedang. Makin kuning telurnya, makin sehat mata Anda!
b. Mengandung kolesterol yang tinggi, berdasrkan penelitian, stu butir kuning telur mengandung sekitar 213 mg kolesterol.Menurut USDA National Nutrient Database, satu kuning telur  mengandung kurang lebih: 2.7 gr protein, 210 mg kolesterol, 0.61 gr dan 4.51 gr lemak.Kuning telur juga mengandung semua vitamin larut lemak seperti A, D, E dan K.
c. Kandungan asam lemak pada kuning telur.
- Asam lemak tak jenuh
  • Asam Oleic, 47 % 
  • Asam Linoleic, 16 %
  • Asam Palmitoleic, 5%
  • Asam Linolenic, 2 %
- Asam lemak jenuh
  • Asam Palmitic, 23 % 
  • Asam Stearic, 4 %
  • Asam Myristic, 1 %
d. Kuning telur juga mengandung lesitin (campuran fosfatida dan senyawa-senyawa lemak yang meliputi fosfatidil kolin, fosfatidil etanolamin, fofatidil inositol (penentu mutu dan khasiatnya) dan lain sebagainya), yang berfungsi untuk emulsifier (zat untuk membantu menjaga kestabilan emulsi minyak dan air.)
 Beberapa fakta tentang kuning telur, misalnya:
  1. Kuning telur matang lebih baik.
    Penelitian yang dilakukan oleh Belgia menyebutkan kalau protein yang diserap oleh kuning telur (juga putih telur) naik dari hanya 51 % jika telur masih mentah, menjadi 91 % jika telur telah matang. Selain aman dari bakteri juga lebih banyak protein yang diserap oleh tubuh.
  2. Kuning telur selalu di tengah.
    Tali putih yang biasanya kita amati pada bagian putih telur disebut calazae, dan ternyata berfungsi untuk menahan kuning telur berada di tengah telur dan tidak menempel di cangkang telurnya.
  3. Usapkan kuning telur pada rambut
    Selain dikonsumsi secara langsung, telur juga membantu pertumbuhan rambut dengan cara langsung mengusapkan kuning telurnya pada bagian akar rambut, dikabarkan rambut lebih subur dan kebotakan akan menjauh dengan cara ini. Asal jangan lupa cuci rambut agan sebelum keluar rumah!
    "Jadi jangan marah ya kalo diceplokin telur pas ente ulang tahun, langsung aja sekalian digosok ke akar rambut, biar sehat rambutnya "
  • Kuning telur double
Kuning telur double bisa terjadi karena proses pembuahan terjadi teralu cepat. Beberapa ayam juga memang bisa memproduksi kuning telur double ini, seperti yang diternak di West Bengal, India.
Pada dasarnya, ayam betina sangat jarang menghasilkan kuning telur double, hal ini diakibatkan oleh adanya kesalahan dalam siklus produksi telur. Telur yang mengandung kuning telur double berbentul lebih panjang dan lebih "langsing" daripada telur biasanya.
  • Telur tanpa kuning telur.
Telur tanpa kuning telur biasanya disebut dengan dwarf egg (dwarf=kerdil) atau wind egg. Hal ini bisa terjadi jika jaringan reproduksi pecah, kemudian menstimulus telur untuk memproduksi kelenjar untuk membungkusnya menggunakan putih telur. membran dan cangkang. Dan kemudian telur tanpa kuning telur ini, siap untuk dikeluarkan.

Sumber: Healthy Living, Cyber Health. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar