Jumat, 06 April 2012

Jurnal Internasional: Formulation And Evaluation Of Immediate Release Tablets With Different Types Of Paracetamol Powders Prepared By Direct Compression

FORMULIR ULASAN JURNAL
1
JUDUL ARTIKEL
Asli
Formulation And Evaluation Of Immediate Release Tablets With Different Types Of Paracetamol Powders Prepared By Direct Compression
Terjemahan
Perumusan Dan Evaluasi Pembebasan Langsung Tablet Dengan Berbagai Jenis Bentuk Berbeda Dari Parasetamol Bubuk Yang Dibuat Dengan Tekan Secara Langsung
2
IDENTITAS JURNAL
Nama Jurnal               : African Journal of Pharmacy and Pharmacology
Nilai Impact Factor    : 16.2
Tahun Terbit               : 13 Januari 2011
Nomor/Volume          : No.1 / Vol.5
No. Halaman              : 31-41
ISSN                          : 1996-0816
URL (Link)               : http://www.academicjournals.org/ajpp
                 http://www.mediafire.com/view/?htuhj5efpmyy1w3
Tipe Jurnal                  : Academic Journals
3
PENULIS (Authors)
Nama Semua Penulis  : Biljana Govedarica, Rade Injac, Rok Dreu and Stane Srcic
Nama Penulis 1           : Biljana Govedarica
Instansi Penulis 1      : Faculty of Pharmacy, Institute of Pharmaceutical Technology, University of Ljubljana, Askerceva 7, 1000 Ljubljana, Slovenia. 
Nama Penulis 2           : Rade Injac
Instansi Penulis 2        : Faculty of Pharmacy, Institute of Pharmaceutical Biology, University of Ljubljana, Askerceva 7, 1000 Ljubljana, Slovenia.
Nama Penulis 3           : Rok Dreu
Instansi Penulis 3      : Faculty of Pharmacy, Institute of Pharmaceutical Technology, University of Ljubljana, Askerceva 7, 1000 Ljubljana, Slovenia. 
Nama Penulis 4           : Stane Srcic
Instansi Penulis 4      : Faculty of Pharmacy, Institute of Pharmaceutical Technology, University of Ljubljana, Askerceva 7, 1000 Ljubljana, Slovenia. 
Corresponding Author : E-mail: biljana.govedarica@ffa.uni-lj.si.
5
ABSTRAK JURNAL
Asli
Paracetamol (PAR) crystals exhibit poor compressibility, poor flowability and its tablets show a tendency to cap. To improve the mechanical strength of tablets several kinds of “Paracetamol for direct compression” are present on the market. Current research demonstrated the best tablet properties with coated paracetamol (mass of tablets, diameter, height and mechanical strength, friability RSD<2%). Furthermore, coated paracetamol in combination with both investigated superdisintegrants such as Vivasol® and Polyplasdone® XL-10 shows faster disintegration time and dissolution rate in comparison to paracetamol for direct compression. Eventually, the major advantages of the formulation with coated paracetamol for industrial production are decrease of friability and superiority in terms of flowability, compressibility, quick disintegration and dissolution. Regarding the results, coating of PAR particles is beneficial for the manufacturing of tablets with immediate release.
Terjemahan
Parasetamol (PAR) yang berupa kristal menunjukkan kompresibilitas rendah, flowabilitas rendah dan tablet yang menunjukkan kecenderungan untuk membatasi. Untuk meningkatkan kekuatan mekanik tablet dengan beberapa macam tipe berbeda dari "Parasetamol untuk kompresi langsung" yang hadir di pasaran. Penelitian saat ini menunjukkan sifat tablet terbaik dengan coated parasetamol (massa tablet, diameter, tinggi dan kekuatan mekanik, kerapuhan RSD <2%). Selanjutnya, coated parasetamol dalam kombinasi dengan kedua superdisintegrants diamati dengan Vivasol® dan polyplasdone® XL-10 menunjukkan lebih cepat disintegrasi waktu dan laju disolusi dibandingkan dengan parasetamol untuk kompresi langsung. Akhirnya, keuntungan utama dari formulasi dengan coated parasetamol untuk produksi industri adalah penurunan kerapuhan dan keunggulan dalam hal segi disintegrasi kompresibilitas yang cepat dan disolusi. Mengenai hasil, pelapisan partikel PAR bermanfaat untuk pembuatan tablet dengan pembebasan yang cepat.
6
ISTILAH DALAM JURNAL & DEFINISINYA
1.      Polimorfik : Biologi Terjadinya berbagai bentuk, tahapan, atau jenis organisme tertentu atau organisme dari spesies yang sama, terlepas dari variasi seksual.
Kimia Kristalisasi dari senyawa dalam setidaknya dua bentuk yang berbeda. Juga disebut pleomorfisme.
2.      Flowabilitas : (Mekanika fluida) Kemampuan dari suatu partikel cair atau padat longgar untuk bergerak mengalir.
3.      Capping/ Cap: kerusakan dalam pembuatan tablet terkait karena udara terperangkap dalam material granular.
4.      Laminasi: kerusakan dalam pembuatan tablet berupa pemisahan tablet menjadi dua atau lebih horisontal berbeda lapisan, yang dikarenakan udara terperangkap dalam butiran material.
5.      Cracking: kerusakan dalam pembuatan tablet berupa retak, hal ini karena ekspansi yang cepat dari tablet ketika tekanan internal dalam film melebihi kekuatan tarik dari film ini.
6.      Chipping: didefinisikan sebagai pemecahan tepi tablet, dikarenakan penurunan pencairan udara atau kecepatan putaran drum dalam lapisan panci.
7.      Picking : cacat di mana daerah terpencil film yang menarik diri dari permukaan ketika tablet menempel bersama dan kemudian bagian, dikarenakan kondisi yang mirip dengan kawah yang menghasilkan tempat tidur tablet terlalu basah dimana tablet yang terdekatan dapat tetap bersama-sama dan kemudian pecah.
8.      Dekompresi : Pelepasan tekanan dan oposisi dari kompresi fisik.
9.      Kompresi : Hasil dari penundukan bahan untuk tegangan tekanan.
10.  Disentegrasi : waktu hancur obat tablet
11.  Kerapatan/ Density : Didefinisikan sebagai berat per unit volume.
12.  Kerapatan Sejati (true density/ρ) : Kerapatan bahan padat sebenarnya yang ditentukan dengan helium picnometry.
13.  Kerapatan Curah (bulk density) : Massa dari serbuk dibagi dengan volume bulk.
14.  Kerapatan Mampat (tapped density) : Kerapatan yang diperoleh jika serbuk di dalam gelas ukur diketuk-ketukkan (dimampatkan sampai volumenya tetap dengan alat tapping density).

Resume:
Formulation And Evaluation Of Immediate Release Tablets With Different Types Of Paracetamol Powders Prepared By Direct Compression

Pparasetamol (PAR) adalah obat yang memiliki sifat analgesik dan antipiretik properti, tetapi aktivitas antiinflamasi rendah. Kristal PAR menunjukkan kemampuan kompresi rendah, dan flowabilitas rendah tablet yang menunjukkan kecenderungan yang besar untuk cap. Perilaku pemadatan PAR rendah dan deformasi elastis telah berkaitan dengan berbagai bentuk polimorfik PAR. Penelitian ini ditujukan apakah lapisan partikel dalam PAR memiliki efek menguntungkan untuk pembuatan tablet dengan segera dibebaskan dalam tubuh.
Kerapatan sejati merupakan kerapatan bahan padat sebenarnya yang ditentukan dengan helium picnometry. Helium digunakan karena merupakan lembam kecil molekul yang mudah menembus rongga terkecil dari pori-pori terbuka (tapi tidak menyerap setiap porositas tertutup). Tiga sampel campuran dengan tiga tipe berbeda dari kerapatan tersebut masing-masing dianalisis. Pengukuran bulk density (m/v) dilakukan dengan menggunakan flat - ground pengukuran silinder dengan volume 250 ml. Tapped density merupakan kecepatan alir serbuk yang ditentukan dengan cara mengukur waktu jatuh yang diperlukan oleh sejumlah serbuk yang ditaruh di dalam suatu corong sampai seluruh serbuk itu turun. Cara pengukuran tersebut di samping menentukan kecepatan alir serbuk juga dapat menetapkan sudut istirahat yaitu sudut yang dibentuk antara lereng timbunan serbuk dengan bidang datar. Persamaan kerapatan sebelum pengendapan atau kerapatan produk massal: ρ = m/V0 [g/ml] atau ρ=m/ V1250 [g/ml]
Flowability didefinisikan menurut rasio Hausner. Rasio Hausner adalah angka yang berkorelasi dengan flowability dari serbuk atau bahan agregat.
 
Laju alir dan sudut henti (angle of repose) yaitu
Indeks kompresibilitas ditetapkan menurut indeks Carrs. Indeks Carr’s sering digunakan dalam ilmu farmasi sebagai indikasi dari sifat aliran. Jika indeks Carr semakin besar maka semakin buruk laju alirnya, sebaliknya indeks carr’s semakin kecil maka laju alir makin baik.  
Serbuk sampel parasetamol dalam berbagai tipe:
 
Sifat tablet terbaik diperoleh dengan PAR dilapisi (massa tablet, diameter, tinggi dan kekuatan mekanik, kerapuhan RSD <2%) karena sifat alir terbaik terjadi pada diameter optimum partikel. Secara umum, untuk partikel yang ekidimensional (teratur=bulat) dimana semakin besar diameter maka sifat alir semakin baik. Karena sifat alir terbaik terjadi pada diameter optimum partikel. Bentuk partikel yang semakin bulat (masif=peluru) memiliki sifat alir semakin baik, sedangkan semakin tidak beraturan maka sifat alir semakin jelek. Tekstur yang semakin halus maka semakin kecil gaya gesek friksi antar partikel sehingga semakin mudah mengalir. Sebaliknya, semakin kasar permukaan partikel maka semakin besar friksi antar partikel sehingga semakin sulit mengalir. Besarnya porositas, maka semakin kecil kontak antar partikel mengakibatkan kecepatan alir yang semakin baik. Pada kondisi lembab yang tinggi, ikatan antar partikel akan lebih kuat karena luas kontak antar permukaan serbuk naik. Apabila gaya tarik antar partikel serbuk semakin kuat, maka serbuk akan semakin sukar mengalir. PAR yang dilapisi memang tidak murni, tetapi menunjukkan laju yang baik dan kompresibilitas yang memadai d kompresi langsung. Selain itu, PAR dilapisi dalam kombinasi dengan kedua superdisintegrants menunjukkan disintergration dan tingkat disolusi lebih cepat dibandingkan dengan PAR D.C. Keuntungan dari formulasi PAR dilapisi untuk produksi industri adalah penurunan kerapuhan dan keunggulan dalam laju alir, disintegrasi kompresibilitas dan pembubaran yang cepat didalam tubuh sehingga memberi efek positiv pada formulasi obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar